Iklan

Iklan

Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Gelar Tepuk Tepung Tawar Kepada Dandim dan Beserta Jajaran Forkopimda

10/09/22, September 10, 2022 WIB Last Updated 2022-09-11T04:59:47Z

 



CAHAYAREDAKSI.com : TEMBILAHAN - Sebagai bentuk penghormatan, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menggelar Tepuk Tepung Tawar kepada Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han), Kapolres Inhil, AKBP Norhayat, SIK, Kepala Pengadilan Agama Tembilahan dan Kepala Pengadilan Negeri Tembilahan, Sabtu(10/09/2022) malam. 


Diiringi dengan Berdah, Tepuk Tepung Tawar ini dilangsungkan di Gedung Engku Kelana Tembilahan.  


“Tepuk tepung tawar merupakan bagian dari adat Melayu dalam memberikan penghormatan. Alhamdulillah hari ini kita langsungkan tepuk tepung tawar  Dandim,Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama ini semoga dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujar Ketua DPH LAMR Inhil Said Syarifudin. 


Senada itu, Datuk Sri Amanah (Bupati lnhil) HM Wardan mengatakan bahwa upacara tepuk tepung tawar juga artinya adalah ucapan penerimaan yaitu untuk menerima kedatangan, kehadiran para pejabat di lingkungan Forkopimda yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.


Tepung tawar merupakan salah satu kebudayaan melayu yg sangat sakral,ia nya merupakan perwujudan rasa syukur kita dengan kehadiran pemimpin baru kemudian juga ianya merupakan permohonan doa selamat,doa tolak bala,doa keberkahan kepada Allah SWT,dimana dalam prosesinya di gunakan dengan simbol-simbol Melayu yang bernafaskan Islam, adat bersendi kan sara,sara bersendikan kitabullah dan sunah Rasulullah Saw.


Dengan upacara tepuk tepung tawar ini kita bermohon doa kepada Allah SWT semoga kehadiran pimpinan pimpinan kita yang pada malam hari ini di laksanakan acara tepuk tepung tawar nya,mudah mudahan langgeng selama mengabdi dan menjadi warga masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir dengan senantiasa mendapat kan keberkahan dari Allah SWT di berikan kesuksesan di dalam melaksanakan tugas dan amanah yg di berikan serta apabila keluar dari kabupaten Indragiri Hilir,mendapatkan jabatan yg lebih baik dan meningkat.


Sementara itu, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E,M.Tr(Han) mengungkapkan terima kasih kepada pemangku adat di Kabupaten Inhil atas tunjuk ajar serta dukungan yang diberikan kepadanya dalam menjalankan amanat negara menjadi Dandim 0314/Inhil. 


“Dukungan dari tokoh-tokoh LAMR Inhil sangat kami perlukan dalam mengemban tugas ini. Dalam kami,” ungkapnya 


Dandim juga mengaku akan terus membangun komunikasi dan silaturahmi kepada semua pihak karena TNI akan terus selalu bersama-sama dengan rakyat untuk menciptakan Kabupaten lnhil yang lebih maju sejahtera,aman dan berkepribadian Pancasila.


Saya juga mohon bimbingan petunjuk dan do'a restu kepada tokoh adat selaku orang tua dan berharap juga semoga kami selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas 


Dengan segala kerendahan hati dan hormat kepada seluruh pimpinan Forkopimda,rekan Polri,Tokoh Agama,tokoh masyarakat,menerima kami menjadi bagian tim yang besar ini dan mendedikasikan kepada masyarakat lndragiri Hilir demi membangun lnhil di segala bidang.


Insya Allah kami akan memberikan segenap dedikasi bersama semua elemen masyarakat lnhil.


Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada negara dan bangsa ini,"tutupnya.(*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Gelar Tepuk Tepung Tawar Kepada Dandim dan Beserta Jajaran Forkopimda

Terkini

Topik Populer

Iklan